Senin, 27 April 2009

Mancing di Gosong Bando, Pariaman, 11 April 2009






Tanggal : 11 April 2009
Lokasi Mancing : Piaman (Padang Pariaman, Sumatera Barat)
Nama Anglers : Gw, Roni Jariang,
Bg. Edwin, Ricky
Nama Kapal : Belum dikasih nama lagi (Eks. Putri Tunggal)
Kapten: Ardin
Nahkoda: In, ABK : Pak Uncu
Ongkos Sewa : 700rb                                                                                                                                                          
Spot : Karang Gosong Lawe/ Gosong Bando
Kondisi Angin : Agak kenceng (Kata ABK sih angin barat)
Kondisi Arus : Agak kuat 
Cuaca : Berawan/Mendung 
Ombak : Kurang Nyaman                                                                                                                                    
Ikan yg di dapat : 
- GT = 3 ekor @ 4-7 kg 
- Black Trevaly = 2 ekor @ 7 - 10 kg
(Tanda2, Todak, Kerapu n beberapa ikan kecil lainnya hasil pancingan ABK). 
Ukuran yg terbesar kira2 10 kg (perkiraan abis gak bawa timbangan seh)                                                 
Teknik Memancing : Popping dan Trolling
Lure : Popper Budi (Hijau Kuning), Popper Budi (Gecko), Popper Eupro (TW Merah Putih), Popperio Soni Maglure, Trolling Minnow Soni Maglure CD 18, 16, 14 (TOP om, sayang karena line yang dipake kecil, line nya break waktu narik ikan)                                                                                    
Arsenal: 
Rod : Okuma Blue Diamond BD 10MH (2bh),Okuma Tailwalker TWTR 5'.6", Okuma 
Blue Diamond TR 6',Daiwa Jupiter Max,
Reel : Ryobi Applause 8000Zi (thnks to suhu2 FF, top banget aksi nya), ,, 
Tica Cetus 6000, Pioner Paladium 6000 (2bh), Okuma Convector s55, Okuma Convector 55.
Line Popping : Merk nya lupa yg ingat cuma kalo itu PE5
Line Trolling : YGK 25 lbs 600 m
Leader : Seamark 100 lbs

Padang Panjang - Pariaman

Terpaksa berangkat ke Pariaman dari Padang Panjang jam 06.00 pagi dengan 2 motor di cuaca yang sangat dingin, setelah kegagalan berangkat pada malam hari sebelumnya karena mobil Honda Accord 82 yang kami bawa ngadat di jalan (kejadian yg belakangan kami syukuri, karena sesuai info dari G!Map, spot mancing yg kami tuju justru lebih dekat dengan Pariaman), segepok peralatan yang dibawa lumayan bikin capek..

Muara Pantai Gandoriah - Spot Gosong Bando

Sampai di lokasi keberangkatan Muara Pantai Gandoriah, Padang Pariaman, jam 07.00 Kapten Pak Ardin, Nahkoda Pak In dan ABK Pak Uncu sudah stand by di kapal tundo Unyil na. Setelah membeli bekal untuk selama mancing di laut, jam 08.30 kami mulai meninggalkan dermaga Muara Pantai Gandoriah menuju spot di Karang Gosong Bando. 2 Jam perjalanan diisi dengan memancing trolling tanpa ada serangan dari penghuni laut Pariaman.. Sampai di spot jam 10.30, saya mulai lempar2 Popper Budi (Hijau Kuning) di buritan kapal. Sementara Bang Win, Roni dan Ricky ber-casting popperia di depan kapal.

GT Pertamax :

Lebih kurang 5 kali lempar popping, tanpa di duga "STRIKE...!!(Cinta Pertamaku),tanpa sadar saya teriak ke teman yang lain "Gabua,.Gabua,Gabua,.."(bahasa Padang nya Giant Trevaly). 5 menit pertarungan saya berhasil menaikan GT kurang lebih 7 kg-an.

GT Kedua (Black):

Setengah jam kemudian, Roni juga strike Black Trevally. Agak lama, 10 menit, si hitam dengan berat 10 kg-an akhir nya menyerah juga.

GT Ketiga (Black):

Tidak sampai satu jam-an Roni kembali strike. Kali ini Black Trevally lagi dengan ukuran yang lebih kecil, kurang lebih 7-kg.

GT Keempat (Black):

Sesudah makan siang, lagi-lagi (mulai panas nih, karena kalah skor nya) Roni strike, bang Win mendapat kesempatan menyelesaikan pertarungan,. Dengan pompa-an yang lebih profesional, bang Win berhasil menyelesaikan pertarungan GT 6 kg-an dalam 5 menit saja.,.

GT Kelima :

Sekitar jam 15.00, line bang Win yang sedang casting Minnorio Maglure, tiba-tiba terputus.., sehingga Minnow 7 cm buatan Om Soni Hampala itu terombang-ambing di bawa arus. Saya yang kebetulan baru saja melempar popper, menarik kencang popper Budi dengan maksud mencoba untuk mengambil minnow dengan popper tersebut. Tanpa disangka, sewaktu Popper saya hampir berhasil mengenai Minnow tersebut, GT menyambar popper, karena terkejut, reflek saya meretrieve Popper dengan kuat yang justru membuat GT hook up sempurna. Tak sampai 5 menit GT 4kg-an akhirnya menyerah.

Spot Gosong Bando - Muara Pantai Gandoriah

Jam 16.00, kami sepakat untuk mengakhiri trip dan kembali ke Muara Gandoriah. Perjalanan pulang diisi Bang Win dengan mencoba trolling dengan Trolling Minnow CD 16 Orange Om Soni. 1 jam perjalanan, rel Okuma Convector 55l yang dipadu dengan rod Okuma Blue Diamond TR 6' berderit kencang. Belum sempat memutar rel, tarikan langsung terasa ringan,. putus..!. Kapten memperkirakan mamah-nya jeng riri yang menyambar. Penasaran, Bang Win kembali mencoba trolling dengan Trolling Minnow CD 18 Merah Putih Om Soni.. Tak lama rel Okuma Convector s55L yang dipadu dengan rod Okuma Tailwalker 5'6" menjerit. Tak ingin mengalami kejadian yang sama, kali ini bang Win menyuruh Kapten untuk menahan laju kapal. 10 menit pertarungan, ikan belum juga menampakan tanda-tanda akan menyerah, sebelum tiba-tiba line YGK kembali kendur,..lepas..! Kali ini sepertinya ikan tidak hook up sempurna, dan hanya meninggalkan tanda gigi di minnow nya om Soni..

Pariaman - Padang Panjang

Sampe muara kurang lebih jam 18.00.. Setelah menyempatkan diri makan nasi bungkus yang tersisa, jam 19.00 kami kembali berangkat menuju kota Padang Panjang dengan diiringi hujan lebat yang seperti nya ingin menyemprotkan "champagne" nya pada kami. 20.30 kami tiba kembali di Kota Padang Panjang.

2 komentar:

  1. wuih.....keren spotnya, keren pula reportnya. berangkat lagi yuk !

    BalasHapus
  2. wuih.....keren spotnya, keren pula reportnya. berangkat lagi yuk !

    BalasHapus